Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Kamis, 12 Juni 2014

Utak Atik Mikrotik (Setting DHCP Server)



DHCP Server ( Dynamic Host Configuration Protocol ) adalah Sebuah server yang memberikan layanan IP Address Otomatis bagi Client yang IP Address-nya di setting Automatic. DHCP Server menyediakan konfigurasi IP Address Otomatis yang meliputi : IP Address, IP Gateway dan IP DNS Server.

Membuat DHCP Server di Mikrotik tidak terlalu sulit, tapi bagi beginner ini harus dipraktekan agar tidak gampang lupa. Kita bisa melakukan konfigurasi DHCP Server di mikrotik melalui Console / CLI, Telnet, WebBox, WInbox, dll, tetapi artikel ini akan membahas settingan melalui Winbox.
Berikut ini Step by Step membuat DHCP Server Mikrotik dengan Winbox (dalam implementasi artikel ini saya menggunakan vmikrotik dan vOS clients yang saya install di vmware workstation) :
1. Pastikan mikrotik sudah dikonfigurasi & siap pakai (jika belum dikonfigurasi silahkan cek artikel ini).
Untuk cek apakah sudah siap pakai, klik New Terminal di Winbox kemudian ping ke salah satu website, contoh saya ketik ping google.com. Jika reply tandanya mikrotik sudah siap pakai.



2. Setting DHCP Server.
Klik IP pilih DHCP Server, kemudian pada panel DHCP Server pilih DHCP Setup. Kemudian di panel DHCP Setup pada pilihan DHCP Server Interface pilih lan (karna ada dua interface di mikrotik interface internet dan lan).



Selanjutnya, masih pada panel DHCP Setup,menentukan DHCP Address Space. Karena IP Address lan di mikrotik 192.168.1.xxx/24 maka secara otomatis wizard akan memberikan DHCP Address Space : 192.168.1.0/24


Selanjutnya menentukan IP Gateway yaitu IP Address dari interface yang menghubungi antara jaringan LAN dan mikrotik. Pada contoh ini kita gunakan DHCP Address Space : 192.168.1.1/24


Lanjut menentukan DHCP IP Address Range yaitu IP address range yang dilayani. Dalam contoh ini isi Addresses to Give Out : 192.168.1.2-192.168.1.50


Kemudian menentukan IP Address DNS Server. Disini kita bisa menggunakan IP DNS dari Provider ISP yang kita gunakan, namun pada contoh ini saya menggunakan IP DNS Servers : 192.168.4.1 (ini IP Gateway dari PC real karena saya menggunakan vmikrotik dalam contoh ini).


Selanjutnya kita menentukan LEASE TIME alias Waktu Persewaan IP Address atau Waktu yang di sewakan. Intinya adalah Lama waktu yang diberikan kepada Client untuk mengunakan IP Address otomatis dari DHCP Server Mikrotik. Pada contoh ini, kita berikan waktu 3 jam ( 3:00:00 ) -> Artinya : Jika Client masih terkoneksi ke jaringan LAN melebihi waktu 3 jam, maka Client tersebut akan tetap mendapatkan IP Address yang sama dan lease time-nya kembali mulai 3 jam lagi. Namun jika dalam waktu 3 jam Client sudah tidak terkoneksi ke jaringan maka IP Address tersebut dapat digunakan oleh Client yang lain. Kemudian kita klik Next dan akan muncul  pemberitahuan “Setup has completed successfully”. Berarti Wizard DHCP Server telah sselesai kita lakukan. Lalu kita klik “OK”









*Sampai disini kita sudah selesai konfigurasi DHCP Server di mikrotik, client akan mendapatkan IP address sesuai dengan DHCP Server yang diseeting jika menggunkanan IP Automatic

3. Setting IP Address Reservation

Coba buka menu IP lalu pilih Pool, maka akan muncul panel IP Pool dan telah terisi IP Pool baru dengan nama dhcp_pool2 yang berisi yang berisi IP : 192.168.1.2-192.168.1.50



















Kembali ke panel DHCP Server, klik menu tab “Leases”. Disitu ditampilkan informasi dari Layanan DHCP Server, termasuk informasi client penguna DHCP. Informasi tersebut berupa : Nama Host, IP Address yang digunakan, Mac Address, Lease Time, dll. Kita juga dapat menjadikan suatu IP Address khusus bagi suatu client tertentu, istilahnya adalah IP Address Reservation ( Reservasi IP Address ). IP Address Reservation dilakukan berdasarkan Mac Addres. Cukup Klik IP Address yang akan di buat static lalu klik menu “Make Static” atau dengan cara Klik kanan lalu klik “Make Static”.


Okeh sampai saat ini, kita sudah selesai setting DHCP Server dan membuat IP Client menjadi reservation.
Selamat mencoba..
Thanks..








Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

2 komentar:

  1. Utak Atik Mikrotik (Setting Dhcp Server) ~ Catatan Agla >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Utak Atik Mikrotik (Setting Dhcp Server) ~ Catatan Agla >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Utak Atik Mikrotik (Setting Dhcp Server) ~ Catatan Agla >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus