Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 15 April 2014

Basic Tutorial


Ini merupakan tutorial awal yang menjelaskan fungsi director dari awal sampai akhir secara sekilas. Sebelum mengikuti tutorial ini silahkan download file latihan ini dahulu.
  1. Buka program Director.
  2. Buat movie baru, pilih menu File > New > Movie.
  3. Pada panel Panel Property Inspector pilih tab movie dan atur Stage Size menjadi 640 x 480.
  4. Setelah bidang kerja siap, kita import file- file yang sebelumnya telah di download :
    Klik menu File > ImportMenuju folder file latihan yang di download tadi dan pilih file -file berikut :
    arrowback.gif, back aboutme.jpg, back biodata.jpg, back cv.jpg, back porto.jpg, X.swf
    Lalu klik import
    Jika ada kotak dialog pertanyaan untuk file format *.gif, pilh saja pilihan Animated GIF karena file *.gif yang kita import merupakan animasi. Kemudian muncul kotak dialog mengenai file format *.JPG checklist Color Depth : Stage (24 bits) agar hemat memory dan akan ada 4 file *.JPG yang kita import maka checklist pilihan Same Setting for Remaining Images lalu klik Ok.



  5. Data yang sudah diimport akan masuk ke Cast Member. Untuk mudah mengenali suatu file yang tersedia, ubah tampilan Cast Member dengan tampilan thumbnail. Klik Cast View Style.
  6. Selanjutnya masuk kan file back aboutme.jpg ke stage secara tepat.
    Caranya, drag file tersebut dari Cast Member ke Score channel 1.

  7. Kemudian buat tombol sederhana menggunakan Push Button Tool yang ada di Palette Tools.
    Sebelumnya ubah Tools default menjadi classic.

    Lalu klik tool Push Button, drag pada stage untuk membuat button dan ubah nama button menjadi "Biodata". Untuk merubah parameter teks, pilih button lalu klik Enter maka akan muncul Panel Text Button.


    Selanjutnya buat dua button lagi sehingga tampilan menjadi seperti berikut :


    dan tampilan score menjadi seperti berikut :
  8. Selanjutnya kita susun halaman-halaman sub menu.
    Sama seperti sebelumnya, drag file dari Cast Member ke Score.Tampilan score menjadi seperti berikut :
  9. Kemudian coba preview pekerjaan anda, dengan klik tombol Play di Contol Toolbar. Hasilnya terlihat di stage halaman berganti ke halaman berikutnya dan berulang-ulang.
  10. Untuk mengatasi hal ini, kita harus membuat script yang berfungsi untuk membuat Playback Head diam ketika sampai pada frame dimana framescript ini diletakan.
    Dobel klik framescript di frame 30. Akan muncul Window Script, tulis script "go the frame".
  11. Selanjutnya klik tombol Rewind kemudian Play pada Control Toolbar, terlihat Playback Head akan berhenti di frame 30. Kini tinggal memberika script yang sama pada frame akhir  back biodata, back cv, dan back porto.
    Caranya tinggal pilih framescript di frame 30, tekan Ctrl + C lalu Tekan Ctrl + V di framescript yang diinginkan. Sehingga tampilan score menjadi seperti berikut :
  12. Selanjutnya kita buat script untuk tiap button yang sebelumnya kita buat agar interaktif.
    Pilih button "Biodata" lalu klik kanan dan pilih Script, akan muncul Window Script, setelah "on mouse up" tuliskan "go 31" (artinya : jika button di tekan, Playback akan menuju frame 31).

    Lanjutkan buat script untuk button "Curiculum Vitae" dan "Portofolio". ("go 46" untuk button "curiculum vitae" dan "go 61" untuk button "portofolio").
  13. Klik Rewind lalu Play dan kemudian klik masing-masing button , jika langkah anda benar maka akan menuju ke halaman yang dimaksud.
  14. Selanjutnya kita buat tombol back di tiap halaman untuk menuju ke halaman utama.
    Drag file arrow back dari Cast Member ke Score di channel 2 mulai dari frame 31 dan atur posisi aarow back seperti berikut :

    Jika terlihat di button "arrow back" background putih, cara menghilangkannya pilih button "arrow back" dan lihat di Panel Property Inspector, ubah Ink Copy menjadi Background Transparant.
  15. Beri script pada arrow back, tulis "go 1" karena kita ingin jika button di tekan halaman akan berganti ke halaman frame 1.
  16. Agar arrow back muncul juga di halaman back cv dan back porto, tarik keyframe terkahir dari arrow back di sprite menuju frame 75 (frame terkahir dari halaman back porto). Hasil score seperti berikut ini :
  17. Klik Rewind lalu Play kembali. Jika semua button telah berfungsi maka kita tinggal membuat button exit yang berguna untuk keluar dari movie.
    Drag file X.swf ke dari Cast Member ke Score di channel 5 dan atur letak posisinya di stage semau anda.
    Beri script pada file X.swf ini agar berfungsi sebagai button, pilih  X.swf lalu klik kanan pilih script, tuliskan "halt" (berfungsi untuk close movie).
    Untuk menghilangkan background putih pada file X.swf lakukan dengan cara yang sama pada langkah sebelumnya menghilangkan background putih pada file arrow back (lihat dilangkah 14).
  18. Ok. Selanjutnya klik Rewind lalu Play kembali, jika semua button telah berfungsi maka kita telah berhasil membuat sebuah multimedia interaktif sederhana. Selanjutnya tinggal kita publish menjadi file Executable atau file *.exe
    Caranya save dahulu pekerjaan anda, pilih menu File > Save beri nama file latihansederhana.dir
    Kemudian saatnya membuat file *.exe dengan memilih menu File > Publish , dan silahkan tunggu sebentar proses compile dari pekerjaan anda tersebut. Selesai !
Ok pada tutorial pertama ini, diharapkan anda sudah mengerti basic pembuatan multimedia interaktif menggunakan adobe director.
Anda bisa mendownload materi ini dalam bentuk *pdf dengan klik disini.


Referensi :
Hendi Hendratman, ST, Buku The Magic Of Macromdia Director, Tutorial Pertama.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

2 komentar:

  1. Kak kalo nggak salah materi ini ada dalam bentuk buku juga ya?klo boleh tau nama bukunya apa ya kak?

    BalasHapus
  2. Basic Tutorial ~ Catatan Agla >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Basic Tutorial ~ Catatan Agla >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Basic Tutorial ~ Catatan Agla >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus