Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Minggu, 11 Mei 2014

Nge-Labs dengan Virtual Machine (Konfigurasi mikrotik OS di Vmware Workstation 10) - Part 2



Artikel sebelumnya, saya telah menginstal Mikrotik Router OS di Vmware Workstation. Sekarang saya akan mengkonfigurasikan Mikrotik Router OS ini agar terkoneksi internet.

Pertama :
Setting Network Adapter , sebelumnya saat instalasi saya tambah Network Adapter pada Mikrotik virtual sehingga memiliki dua buah Network Adapter. Saya pilih Mikrotik OS, saya klik Edit virtual machine settings dan Saya setting Network Connection pada Network Adapter yang pertama menjadi Bridge (*pilihan bridge membuat mesin virtual koneksi langsung dengan OS real di PC). Lalu klik Ok.















Kedua :
Saya start Mikrotik Virtual nya dengan klik Power On this virtual machine.



Ketiga :
Muncul perintah untuk masukkan Mikrotik login : lalu saya ketik admin, dan pada isian password saya kosongkan , langsung klik Enter.

Keempat :.
Terlebih dahulu saya cek interface ethernet yang aktif pada Mikrotik OS ini. Saya ketik perintah :
interface print
Ada dua ethernet yang aktif karena sebelumnya saya setting mikrotik memiliki dua Netwrok Adapter. Saya ubah nama ethernet agar mudah dikenali, untuk ether1 (untuk koneksi mikrotik dengan internet dari komputer real) saya rubah menjadi internet dan ether2 (untuk sambungan ke komputer virtual lainnya nanti)  saya rubah nama menjadi lan dengan mengetikan perintah :
interface set ether1 name=internet
interface set ether2 name=lan 
Setelah saya ketikan perintah diatas, saya cek lagi interface ethernet yang aktif untuk mengetahui apakah sudah berubah atau belum nama interfacenya.


 Kelima :
 Selanjutnya saya setting IP address untuk interface internet, menggunakan ip address komputer  real  yang sebelumnya sudah terkoneksi, dengan mengetikan perintah :
ip address add address=192.168.4.119 netmask=255.255.255.0 interface=internet
 kemudian saya setting ip gateway menggunakan gateway dari komputer real dengan mengetikan perintah :
ip route add gateway=192.168.4.1
Seperti sebelumnya, setelah saya setting, saya cek ip address dan ip gateway yang terpasang apakah telah sesuai.

Keenam :
Sekarang saya setting dns mikrotik nya dengan mengetikan perintah :
ip dns set servers=192.168.4.1
kemudian saya ping ke ip dns untuk mengetahui apakah sudah terhubung atau belum.













Ketujuh :
Jika sudah terhubung dengan ip dns server, maka otomatis mikrotik sudah terkoneksi dengan internet. Saya tes dengan melakukan perintah ping ke google.com dan facebook.com

Kedelapan :
Saya telah berhasil membuat mikrotik virtual ini terhubung dengan internet, selanjutnya saya setting masquerade pada mikrotik yang berguna untuk jaringan Lan nantinya bisa terhubung dengan internet.
Saya ketikan perintah :
ip firewall nat add action=masquerade chain=srcnat out-interface=internet

Kesembilan :
Selanjutnya restart mikrotik dengan perintah :
system reboot

Oke sampai disini saya telah berhasil menghubungkan mikrotik virtual ini ke internet yang terkoneksi di komputer real. Selanjutnya saya akan melakukan setting mikrotik virtual ini agar berfungsi sebagai router dan pastinya akan dibutuhkan beberapa OS Virtual lain di Vmware Workstation.
Jika ada saran dan kritik mohon sampaikan pada kolom komentar.






Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

3 komentar:

  1. terimakasih, sangat membantu sekali tutorialnya

    BalasHapus
  2. pg om,klu boleh ksh infonya klu usai listrik maati biar lnsng starup nya

    BalasHapus
  3. Nge-Labs Dengan Virtual Machine (Konfigurasi Mikrotik Os Di Vmware Workstation 10) - Part 2 ~ Catatan Agla >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Nge-Labs Dengan Virtual Machine (Konfigurasi Mikrotik Os Di Vmware Workstation 10) - Part 2 ~ Catatan Agla >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Nge-Labs Dengan Virtual Machine (Konfigurasi Mikrotik Os Di Vmware Workstation 10) - Part 2 ~ Catatan Agla >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus