Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 12 Mei 2014

[Hasil Kerja] Sistem Informasi Digital Kebun Sederhana

Lagi dan lagi sebagai IT Support, saya harus siap untuk diberi tugas yang sebenarnya saya tak terampil untuk mengerjakannya. Dua bulan lalu, saya diberikan tugas membuat sebuah sistem yang menampilkan informasi, disini informasi tentang kebun yang menampilkan informasi hasil tanam dalam setahun (karena perusahaan tempat saya bekerja memiliki bisnis di bidang perkebunan). Awalnya dalam tugas ini saya di suruh membuatkan sistem informasi ini dalam bentuk web base, tetapi untuk membuat aplikasi itu dalam waktu yang singkat mungkin saya bisa buat hanya sebatas tabel tabel dengan syntax html, sedangkan atasan saya mau desain web dengan fitur sebuah peta yang menampilkan data tanam per blok tanah kebun. Dengan requirement seperti itu, saya harus belajar menguasai script j-query dan ajax, ini tidak bisa membutuhkan waktu yang sebentar...huft...

Akhirnya saya memiliki ide untuk membuat sistem informasi semacam itu dengan software Adobe Director. Walaupun berbentuk statis (tidak dinamis), saya bisa membuatnya dengan berbagai konten digital didalamnya. Sistem ini saya buat sederhana dan untuk update infromasi nya  saya buatkan saja link button untuk ke website dimana website hanya menampilkan sebuah table data informasi yang dibutuhkan. Berita baiknya, atasan saya mau menerima solusi saya ini (saya mencoba pintar-pintar membuat alasan). Sistem ini memang tidak ditampilkan di website karena hasil akhir aplikasi ini berbentuk *.exe. sehingga aplikasi ini didistribusikan melalui media DVD or CD. Selain bisa untuk presentasi, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk souvenir untuk investor di perusahaan tempat saya bekerja. 

Berikut penampakan hasil :


Sebuah tugas yang awalnya saya takut untuk tidak bisa mengerjakannya, akhirnya selesai sudah walaupun tak sesuai dengan keinginan awal atasan. Ternyata benar Tidak ada yang sia-sia di dunia ini,  kata salah satu pembimbing saya ketika PKL dan ilmu apapun yang kita miliki nantinya akan berguna, ucap salah satu teman karib saya.
Rencananya, saya akan buatkan tutorial pengerjaan tugas ini.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar