Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 13 Mei 2014

Nge-Labs dengan Virtual Machine (Mikrotik Virtual Menjadi Router) - Part 3



Melanjutkan artikel sebelumnya, dimana saya telah berhasil menghubungkan Mikrotik Virtual di Vmware saya ke internet. Sekarang saya akan coba menghubungkan Mikrotik Virtual ini dengan komputer virtual lain di Vmware sehingga komputer virtual tersebut bisa juga terkoneksi internet. Sebelumnya saya sudah menginstal Os virtual lain yaitu Windows 7.

Pertama :
Saya buat sebuah folder dan menggabungkan OS-OS virtual dalam folder tersebut agar terkesan rapi.
Saya klik kanan ikon my computer di kolom sebelah kiri, kemudian saya pilih New folder dan saya beri nama folder SimulasiMikrotik.
Kemudian saya drag Mikrotik OS menuju ke folder SimulasiMikrotik, begitu juga Windows 7 virtual saya juga drag ke folder SimulasiMikrotik.
*catatan : untuk membuat virtual Lan di vmware, pada Vmware 7 bisa menggunakan fitur menu Team. Tetapi, pada versi Vmware selanjutnya fitur ini di hapus.





Kedua :
Selanjutnya saya pilih Mikrotik Os , saya klik Edit virtual machine setting lalu saya pilih Network Adapter 2 dan di kolom kanan pada bagian Network connection saya pilih Lan segment.
Karena belum ada Lan segment yang dibuat, saya klik tombol Lan Segments...muncul tab Global LAN Segments kemudian saya klik Add dan saya beri nama LAN 1 lalu klik OK.




Ketiga :
Saya start Mikrotik OS, lalu saya setting IP Address pada Mikrotik untuk interface Lan. Saya ketikan perintah :
ip address add address=192.168.1.1 netmask=255.255.255.0 interface=lan
Sudah selesai settingan di mikrotik OS Virtualnya, biarkan mikrotik tetap menyala.


Keempat :
Selanjutnya saya akan setting OS Windows 7 virtual machine-nya. Saya pilih OS Windows 7, lalu saya klik Edit virtual machine settings, kemudian saya pilih Network Adapter, pada kolom kanan bagian Netwrok Connection saya pilih Lan Segment lalu pilih kembali LAN 1.


Kelima :
Saya start virtual machine Windows 7 nya, setelah windows 7 telah login. Saya akan setting IP addressnya.
Saya klik Start lalu pilih Control Panel, kemudian pada Network and Internet, saya klik View network status and task. Setelah itu saya klik Change adapter settings di panel sebelah kiri.


Pada LAN Network saya klik kanan kemudian pilih Properties. Lalu saya klik dua kali pilihan Internet Protocol Version 4 dan saya isi IP Address nya sepeti gambar berikut :


Keenam :
Setelah selesai setting IP address pada Win 7, maka saya akan cek apakah sekarang Win 7 sudah terhubung internet.
Saya buka Command Prompt lalu saya ping ke google.com dan detik.com, berikut hasilnya :


Ketujuh :
Akhirnya saya telah berhasil menghubungkan OS Win7 Virtual ini ke internet. Selanjutnya saya buka Internet Explorer lalu saya ketik di address bar IP dari mikrotik 192.168.1.1
Ternyata disini langsung masuk ke halaman webfig Mikrotik

Dari webfig saya bisa melakukan konfigurasi mikrotik, tetapi saya ingin instal winbox untuk konfigurasi mikrotik. Di panel sebelah kiri webfig ada pilihan winbox, kemudian saya klik winbox kemudian muncul perintah run untuk aplikasi winbox tersebut. Setelah itu muncul tab login mikrotik via winbox, saya masukkan IP Address mikrotik di kolom teks Connect to lalu pada kolom Login saya isi Admin dan saya kosongkan untuk Password lalu klik Connect.

 Kemudian muncul tampilan Winbox seperti berikut :


Disini saya telah berhasil membuat mikrotik OS Virtual ini menjadi sebuah router. Ini bisa menjadi tahap awal untuk pembelajaran lebih jauh seperti konfigurasi fitur-fitur mikrotik dan mungkin router lain, bisa juga pembelajaran server, bahkan untuk pembelajaran Vmware Vsphere.
Mengambil kutipan dari teman saya  bahwa, "Gak Perlu Punya Untuk Jadi Bisa", Nah ini lah yang kita manfaatkan dari Vmware workstation, ga perlu punya Router (mikrotik routerboard/ Cisco router), bermeter-meter kabel UTP, dan beberapa PC untuk belajar/ ngelabs.
Terimakasih, semoga artikel ini bermanfaat. 




Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar:

Posting Komentar